Minggu, 30 September 2012

LAN (Local Area Network)


TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di Internet. Komputer yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi dengan TCP / IP,
karena menggunakan bahasa yang sama perbedaan dalam jenis komputer dan sistem operasi tidak menjadi masalah. PC komputer dengan sistem operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau dengan Sun SPARC yang menjalankan Solaris. Jadi, jika sebuah komputer menggunakan TCP / IP dan terhubung langsung ke internet, maka komputer dapat dihubungkan ke komputer mana pun di dunia yang juga terhubung ke internet.
Ciri-ciri jaringan komputer:
1. berbagi perangkat keras (hardware).
2. berbagi perangkat lunak (software).
3. berbagi saluran komunikasi (internet).
4. berbagi data dengan mudah.
5. memfasilitasi komunikasi antara pengguna jaringan.


Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang terhubung bersama dalam satu wilayah tertentu yang tidak begitu luas, seperti di kantor atau bangunan. Secara garis besar ada dua jenis jaringan atau LAN, rekan jaringan untuk Peer dan jaringan Client-Server. Dalam peer to peer jaringan, setiap komputer terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation atau server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, di mana masing-masing akan dijelaskan.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu
1. fisik komponen
Personal Komputer (PC), Network Interface Card (NIC), kabel, topologi jaringan.
2. komponen perangkat lunak
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Template by:

Free Blog Templates