Minggu, 30 September 2012

Teknik Dasar Manipulasi Foto


Sebelumnya, saya ucapkan maaf kepada sobat – sobat semua karena baru bisa nge posting hari ini… Karena padatnya jadwal sekolah yang tidak bisa serta merta kami tinggalkan… Maka dari itulah, saya berusaha untuk memanfaatkan waktu berharga ini untuk memposting artikel tentang manipulasi foto dengan menggunakan Adobe Photoshop…

Mohon Dimaklumi ya… Seperti yang kita ketahui saat ini perkembangan teknologi begitu cepat, dan hanya dalam waktu singkat pun manusia dapat belajar computer dengan mudahnya sehingga sekarang banyak muncul ide-ide dari para generasi muda salah satunya ialah desain grafis. Nah dalam bidang inilah manusia dapat memanipulasi/menggabungkan gambar. Maka dari itu, saat ini kita akan membahas tentang manipulasi foto dengan menggunakan  adobe photoshop.. Dari pada bnyak omong mending kita praktikan aja sekarang oke.. dijamin seru kok..

hehe :D

Sebelum melanjutkan artikel ini, ada baiknya sobat mendownload file sumber di bawah ini :





Langkah Pertama, Insert Apel

Pertama-tama kita buka program aplikasi Photoshop, kali ini saya menggunakan photoshop versi 8 (sobat juga bisa menggunakan Adobe Photoshop versi ke atas kok….) Pada bab ini kita akan menggabungkan gambar apel dan mulut, untuk itu insert gambar  apel  dengan klik File -> Open->… cari file apel kemudian klik Open jika sudah…

Gunakan langkah yang sama untuk meng-insert gambar Mulut.

1


Langkah Kedua, Seleksi

Tekan ctrl + shift + L untuk perintah auto level agar gambar nampak lebih terang. Kemudian gunakan toolbar polygonal lasso tool untuk menyeleksi bagian bibir. Tekan kemudian tarik pointer sedikit demi sedikit hingga bagian bibir terseleksi dengan sempurna.

2

Langkah Ketiga, Cropping

Gunakan move tool untuk memindahkan gambar bibir ke gambar apel, klik seleksi yang telah dibuat kemudian klik kiri dan pindahkan ke gambar apel hingga pointer muncul tanda + kemudian lepaskan. Maka secara otomatis gambar akan berpindah dan akan membentuk layer baru di atas layer background.

3

Pastikan posisi pada layer bibir aktif kemudian tekan ctrl + T untuk mengatur ulang ukuran gambar . kemudian klik pada ujung- ujungnya dan perkecil hingga ukuran terlihat pas.  (Gunakan shift agar pengaturan gambar lebih proporsional)

4

Langkah Kelima, Finishing

Setelah gambar  terlihat pas sekarang kita lanjutkan ke tahap finishing. Gunakan pula Zoom Tool untuk memperbesar gambar sehingga terlihat lebih detail. Gunakan Eraser Tool untuk menghapus bagian-bagian yang tidak rata/kurang sempurna,. Gunakan Burn Tool pada bagian-bagian yang dirasa kurang gelap dan Smudge Tool untuk menghaluskan pinggir pinggir mulut

5

dan kemudian…

6

Langkah Terakhir  klik kanan pada layer apel kemudian pilih blending option

7

Centang pada Drop Shadow kemudian atur opacity : 50, distance : 3, spread : 0, size : 3. Kemudian klik ok

8

Inilah Hasil Akhir dari manipulasi antara buah Apel dan Mulut

9
Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua… Mohon maaf jika ada berbagai kesalahan dalam pembuatan artikel ini… Dan tak lupa saya sampaikan… Jangan lupa berkomentar ya….  

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogger templates

Template by:

Free Blog Templates